yX Media - Monetize your website traffic with us

CARA MENGINSTAL HATCH DI AUTOCAD

Fungsi dari Hatch (Pattern) adalah memberi atau menambah arsiran pada object dengan bermacam-macam pola dan bentuk. Hatch dibagi menjadi dua jenis arsiran yang pertama adalah arsiran pola biasa dan sering digunakan untuk dinding, atap, dll. Dan yang kedua menggunakan pola gradient yaitu arsiran dengan warna. Anda ingin tahu bagaimana cara menginstal Hatch di AutoCAD, berikut penjelasan dari saya.

Menginstal di komputer.

1. Download terlebih dahulu di cadhatch.com, dotsoft.com, cadcorner.ca, bibliocad.com. Atau download di sini atau disini.
2. Setelah proses download Hatch (Pattern) selesai simpan file tersebut di satu folder.
3. Kemudian Copy Hatch atau file PAT ke lokasi folder Support di AutoCAD. File tersebut nanti akan muncul ketika anda membuka AutoCAD:
        C:\Program Files\ AutoCAD2006 \Support  
4. Anda juga bisa mengcopy Hatch di Document and Settings 
  • Windows Vista, 7, and 8:
C:\Users\<user>\AppData\Roaming\Autodesk\AutoCAD 20xx\Rxx.x\enu\Support
  • Windows XP:
C:\Documents and Settings\<user>\Application Data\Autodesk\AutoCAD 20xx\Rxx.x\enu\Support

Selain itu anda juga dapat mengedit file Hatch default dengan menggunakan Notepad dan menambahkan data pola kustom Hatch pada akhir file. Ada dua jenis file yaitu : acad.Pat dan acadiso.Pat, dan file ini lokasinya masih di folder Support (Document and Settings).

Dibawah ini contoh file PAT yang diedit menggunakan Notepad :
*24x48, 24"x48" ceiling tile with 1" wide T-bar
0, 0.5, 0.5, 24,48, 23,-1
0, 0.5,47.5, 24,48, 23,-1
90, 0.5, 0.5, 48,24, 47,-1
90, 23.5,0.5, 48,24, 47,-1

Note: folder “Application Data” merupakan hidden folder. Anda harus memastikan bahwa settingan komputer anda adalah Show Hidden Folder.


Apabila anda terlalu bingung dengan cara diatas, anda dapat menginstalnya dengan cara sebagai berikut :
1. Buka program AutoCAD
2. Klik Tools - Options - pilih tab"Files" – klik Support File Search Path - Add - Browse - pilih tempat anda menyimpan folder Hatch – lalu klik Ok (Lihat gambar dibawah)


 

Setelah anda selesai memasukkan Hatch atau menambah sesuai petunjuk diatas, maka langkah selanjutnya anda harus cek apakah Hatch yang anda masukkan tadi ada atau tidak ada.

  • Pertama ketik H (HATCH) di AutoCAD

  • Lalu klik tanda … disamping Pattern

  • Kemudian klik tab Custom. Apabila Hatch yang anda masukkan tadi benar maka akan muncul nama dan previewnya.
 


Custom Hatch tidak muncul di AutoCAD.

Setelah anda menambahkan Hatch di komputer dan tidak muncul ketika anda membuka Hatch di AutoCAD. Supaya Custom Hatch anda dikenal oleh AutoCAD, anda harus memperhatikan solusi sebagai berikut:

  1. Jika file PAT tidak di lokasi Support seperti petunjuk diatas, coba anda periksa lokasi file di folder support dan pastikan file PAT tersebut ada.
  2. Jika Anda telah menambahkan di file acad.pat (imperial) atau atau acadiso.Pat (metrik) secara langsung, coba anda periksa di tab Other Predefined dan bukan di Customs.
  3. Unblock file Hatch dengan cara mengklik kanan di file PAT yang baru Windows, Pilih Properties, klik "Unblock" dan kemudian klik OK.

Custom Hatch rusak atau Error di AutoCAD.

Bila Anda memilih file Hatch yang telah anda masukkan seperti petunjuk diatas dari menu Custom di AutoCAD, dan terdapat pesan yang menandakan ada kesalahan dalam file Hatch. masalahnya adalah karena perintah HATCH tidak bekerja dengan file PAT atau tidak mengenali file PAT tersebut.

Solusi:

Supaya HATCH dapat mengenali file PAT sebagai file Custom Pattern HATCH berikut penjelasannya:

  • File Custom PAT hanya dapat diisi dengan satu pola definisi saja, apabila file PAT diisi dengan beberapa pola definisi didalamnya maka file tersebut tidak dapat dibaca oleh HATCH.
  • Nama file PAT itu sendiri harus sama dengan nama definisi isi dari pola file PAT. Coba anda lihat contoh file PAT yang diedit dengan Notepad diatas.
  • Baris dalam file PAT tidak boleh berisi lebih dari 80 karakter.
  • Nama file dari Custom PAT tidak boleh lebih dari 32 karakter. (Program AutoCAD akan mati dengan tiba-tiba jika HATCH mencoba membaca nama file Custom PAT yang memiliki lebih dari 32 karakter.)
Demikianlah penjelasan saya tentang cara menginstal Hatch di AutoCad. Selamat Belajar !

Created By : modern house | NORADESAIN

Terimah Kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya yang berjudul CARA MENGINSTAL HATCH DI AUTOCAD. Artikel ini ditulis oleh modern house. Pada hari Friday, January 30, 2015. Jika anda ingin membagikan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.
Follow me on: Facebook | Twitter | Google+

Previous
Next Post »